Selasa, 12 Februari 2013

Model Baju Batik 2013, 2014, 2015 Modern dan Trendy

Pernahkan anda memberikan sentuhan yang berbeda pada penampilan anda dengan model baju batik yang saat ini banyak di gandrungi orang? Batik bukan hanya menjadi ciri khas dari negara kita namun batik sekarang menjadi tradisi yang selalu dinanti orang. Bila dulu hanya beberapa orang saja yang menggunakan batik dengan model tertentu, namun sekarang batik di buat dengan model yang berbeda-beda.
Model baju batik mengalami perubahan seiring dengan perkembangan teknologi dan keinginan masyarakah. Selera masyarakat Indonesia yang cenderung berubah-ubah untuk mencari kepuasan baik penampilan maupun gaya hidup mereka membuat desain dari batik juga berubah. Sebagian orang memang menganggap batik itu adalah warisan budaya nenek moyang yang tak boleh di ubah, namun model baju dengan kain batik ini bukanlah mengubah dari budaya nenek moyang. Hanya cara penyajian batik itulah yang di buat berbeda.
Jika anda lihat dulunya kakek atau nenek kita memakai batik dengan model yang itu-itu saja. Kebaya atau atasan pria yang sangat kental dengan ciri batiknya. Namun sekarang model baju batik menjadi lebih variatif dan menarik. Model baju ini bisa diaplikasikan dengan baju lainnya agar sesuai dan sedap di pandang. Batik dulunya dibuat dengan cara yang sangat sederhana yang hanya memanfaatkan kain putih atau mori dan dengan motif tertentu yang di lukis tangan kemudian di hias oleh malam.
Hanya dengan menggunakan canting saja nenek moyang kita bisa membuat suatu kain yang sangat indah. Hanya saja dulu model baju batik tidak bisa bervariatif seperti sekarang ini. Batik yang dibuat dengan cara sederhana itu masih di pakai oleh kalangan tertentu saja. Seperti dulu hanya beberapa orang dari gologan ningrat yang mampu membeli batik. Dulu namanya batik tulis karena dibuat dengan cara menulis malam pada kain putih atau mori. Pengerjaannya pun juga lama tidak seperti sekarang ini dengan teknologi modern.
Berbicara soal model baju batik saat ini apalagi pada tahun 2013 ini, anda mungkin bingung jika harus memilih model yang beredar dipasaran. Ada puluhan bahkan ratusan model baju batik yang bisa anda pilih. Cukup banyak pilihan bagi penggemar batik dan pengagum keindahan ukiran cantik pada kain putih tersebut. Saat anda melihat cara pembuatan batik secara tradisional atau batik tulis, mungkin anda bisa menyimpulkan bahwa batik memang di buat dengan penuh kesabaran namun pada kenyataannya batik itu sendiri sulit untuk dibuat dalam berbagai model.
Secara berkala, model baju batik mengalami kemajuan karena berbagai kebutuhan manusia yang tetap ingin melestarikan budaya bangsa namun juga ingin tampil trendy dan menarik. Inilah mengapa saat ini batik tidak hanya dipakai dalam acara khusus saja namun dalam keseharian batik bisa menjadi pakaian resmi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda.
Beberapa model batu batik yang bisa anda pilih sangat beragam, namun anda bisa memilih baju batik sesuai dengan kebutuhan anda. Beragam model tersebut di buat memang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen saat ini. Dengan tidak mengubah apa yang menjadi ciri dari baju batik tersebut, model baju batik di buat dan diselaraskan dengan trend masa kini yang cocok bagi remaja maupun dewasa. Pilihan baju batik yang sesuai dengan anak muda juga diaplikasikan dengan warna yang mereka sukai. Demikian juga dengan batik dewasa, modelnya disesuaikan dengan keinginan pemakai kemudian di dukung dengan warna yang lebih khas bagi orang dewasa. Jika batik dulu hanya berupa kebaya atau atasan pria lengan panjang saja, namun sekarang batik bukan lagi menjadi kebaya saja.
Model baju batik yang sekarang sedang trend adalah baju batik kerja berupa blouse, terusan pendek dan panjang. Anda yang selalu tampil dengan gamis, ada banyak pilihan model baju batik dengan tema gamis. Gamis batik sekarang menajdi trend karena cocok digunakan pada berbagai situasi. Untuk santai model baju ini juga cocok, demikian juga jika anda memakainya saat bekerja. Baju batik bukan hanya satu atau dua model namun sekarang anda bisa memilih dan membuat baju batik dengan model apapun sesuka anda.

24
Dec 12

kreasi batik jambi

IMG_20120419_212753
Batik jambi unik.elegan dan cantik.baju apapun p
asti cantik.kunjungi jambi y..
Catatan: Photo dan artikel kiriman dari gustinawati di jambi

Fashion Batik: Perkembangan Fashion Batik dan Aneka Modelnya

Menyimak perkembangan fashion batik
Siapa yang tak kenal dengan fashion batik? Orang dari zaman dahulu telah memilih motif batik sebagai corak pakaian kebanggaan di masa zaman Kerajaan Majapahit. Batik dulunya identik dengan ni
lai-nilai tradisional Indonesia. Seseorang yang menggunakan pakaian batik dinilai sebagai seorang yang kampungan dan ketinggalan mode. Ini adalah era dimana pakaian batik masih menjadi pakaian tradisional bangsa Indonesia. Banyak kaum muda yang enggan memakai batik karena dipandang sebagai motif orang tua yang kolot. Sehingga pada akhirnya orang memandang sebelah mata terhadap fashion batik. Jangankan untuk mengenakannya, melihatnya saja terkadang tidak tertarik. Padahal motif batik dibuat dengan cara yang rumit dan membutuhkan waktu yang lama.
Perkembangan baru di era fashion batik masa kini, para perancang busana telah mampu menghadirkan motif batik fashion modern yang disukai semua kalangan. Mulai dari orang dewasa, remaja hingga anak-anak kini menganggap pakaian batik bukan lagi sebagai pakaian kuno, namun sebaliknya, merupakan pakaian modern yang mencerminkan rasa nasionalisme yang tinggi pada yang memakainya.
Fashion batik modern telah melakukan banyak inovasi, mulai dari corak, bahan, warna hingga upaya memadukan bahan dan corak batik dengan berbagai jenis kain modern lainnya. Tak sampai di situ, kini batik juga dikemas dalam ragam fashion lainnya, tak hanya pada pakaian saja. Anda bisa melihat sepatu, sendal, tas, dompet, pita dan sebagainya yang menggunakan corak batik bervariasi. Harganya juga cukup terjangkau sehingga bisa dimiliki oleh semua kalangan. Aneka corak batik ekslusif berharga mahal biasanya dijadikan oleh para pejabat hingga presiden sebagai pakaian resmi kenegaraan yang mencerminkan karakter keIndonesiaan yang lebih tinggi.
Dengan adanya modernisasi dari corak batik tradisional menjadi bentuk-bentuk modern yang lebih variatif, maka kini tak heran jika batik sudah disukai oleh semua kalangan. Bahkan para artis juga memilih batik sebagai jenis pakaian koleksian. Bukan hanya mereka yang berasal dari dalam negeri, para selebritis luar negeri maupun para pelancong asing juga kini telah cukup banyak yang meminati motif fashion batik. Batik telah menjadi icon budaya yang melekat pada bangsa Indonesia.
Untuk memelihara hal tersebut, ditetapkan lah hari batik nasional yang sudah sering diperingati. Dengan cara ini diharapkan semua elemen bangsa mampu memberikan pelestarian yang baik terhadap pakaian dan fashion batik sebagai produk budaya dalam negeri. Mengenalkan kepada generasi berikutnya serta memperkenalkan kepada orang asing mengenai aneka motif batik menarik yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.
Fashion Batik modern tak lagi mengidentikkan dengan Jawa. Setiap daerah di Indonesia bahkan memiliki corak dan motif batik yang khas dari daerah asalnya. Misalkan saja di Riau sebagai kawasan melayu yang cukup kental. Di Riau terdapat corak batik Riau yang sudah mengalami akulturasi dengan corak-corak lokal melayu yang dimiliki Riau. Inilah kekayaan berharga milik bangsa Indonesia yang tak dimiliki bangsa lainnya. Indonesia memiliki banyak sekali aneka ragam budaya yang unik dan menarik.
Aneka model baju batik
Mengetahui fashion batik saja tak cukup bila tidak dibarengi dengan pengetahuan Anda mengenai aneka model batik yang ada di pasaran Indonesia saat ini. Ketahui dan pilih aneka motif dan model batik modern dan modern tradisional sekarang juga. Jangan sampai di hari batik Anda tidak memiliki pakaian batik. Berdasarkan modelnya, berikut aneka jenis baju batik yang ada di pasaran fashion Indonesia:
  1. Model batik muslim
Fashion batik juga memberikan ruang khusus kepada perkembangan fashion busaha muslim di Indonesia yang cukup terkenal di tingkat dunia. Model batik muslim biasanya berukuran lebih panjang baik dari ukuran lengan maupun ukuran bagian ke bawah. Model batik muslim cocok dipadukan dengan aneka jilbab polos untuk kaum wanita, dan peci untuk kaum laki-laki. Harganya sesuai dengan kualitas corak dan bahan yang ditawarkan.
  1. Model batik anak-anak
Baju anak-anak saat ini pun telah memilih fashion batik sebagai salah satu pilihan. Ada banyak jenis model baju batik anak-anak yang cantik dan berkualitas. Layaknya model baju-baju anak lainnya, motif batik didesain seunik mungkin sehingga seorang anak bisa menyesuaikan dengan penampilan orang tuanya yang menggunakan pakaian batik.
  1. Model batik couple
Fashion batik juga mengerti bagaimana menciptakan hubungan kasih sayang yang lebih erat antar sesama pasangan. Inilah yang ingin diberikan lewat sajian batik couple kepada mereka yang memiliki pasangan. Dengan memakai jenis batik couple, Anda akan terlihat lebih serasi, kompak dan terkesan lebih dekat dan erat hubungannya. Hadiahi pasangan Anda baju batik couple yang berkualitas. Tentunya akan menjadi surprise tersendiri bagi si dia, utamanya jika si dia memang penggemar fashion batik.
  1. Model baju batik resmi
Fashion batik juga memberikan peluang bagi mereka yang ingin tampil resmi dengan menggunakan pakaian batik. Batik digunakan sebagai seragam kantor, pakaian mengikuti kegiatan resmi seperti seminar, upacara dan sebagainya. Ada banyak jenis baju batik resmi baik untuk pria maupun wanita.
  1. Model baju batik santai
Model baju batik santai untuk di rumah bisa berupa daster, baju tidur lengan pendek dan sebagainya. Juga untuk kegiatan santai ke luar rumah terdapat model baju batik untuk pria dan wanita.
Temukan fashion batik kesukaan Anda sekarang! Dan tampillah lebih mengIndonesia dengan baju batik yang Anda pakai.

Batik is my fashion, passion and pride

hijab style with batik
Rok batik ini sudah saya miliki sejak SMP lho tapi tetep terlihat bagus kan sampai sekarang dimana saya sudah semester 7 lho hehe. Rok ini udah saya pakai beberapa kali dari mulai acara perpisahan SMP, mengisi acara menjadi saritilawah di perpisahan SMA (Kelas 1 SMA), menghadiri kondangan, sampai dipakai ke kampus. Pakai batik itu terlihat rapi, sopan, anggun, dan cantik pastinya.
Rok batik yang cantik ini belinya di Solo (tempat kelahiran saya juga lho hehe). Pokoknya cinta banget sama BATIK INDONESIA. Ayo kita jaga warisan budaya Indonesia yang salah satunya adalah batik :’)
Catatan: Photo dan artikel kiriman dari Nurwinda Nugraheni di Jl. Taman Narogong Megah I Blok C4 No. 4 Bekasi
Punya Photo dan artikel yang lainnya? Kirim saja dan bisa dapat hadiah batik dari kami

Busana Batik Kembali Diminati Masyarakat

Setelah sekian lama tergeser dari dunia fashion, batik kini mulai diminati oleh masyarakat.Batik saat ini tampil lebih modern dan jauh dari kesan kuno.Apalagi kain batik saat ini telah dibuat dalam berbagai model pakaian modern seperti blouse batik, dress batik, dan masih banyak lagi.
Model-model busana batik yang ada saat ini memang mengadopsi pakaian-pakaian modern.Tetapi dari pengaplikasian batik ke dalam pakaian modern, hal ini membuat batik terlihat lebih elegan dan menarik untuk dipilih.Motif-motif yang ditawarkan oleh batik merupakan motif-motif yang unik dan menarik.Walaupun motif – motif yang dipakai tidak jauh berbeda dari batik jaman dulu, tetapi batik tetap mampu menunjukkan kesan yang elegan dan modern.
Saat ini sudah banyak butik-butik dan outlet di mall yang menjual busana batik.Pakaian batik saat ini sudah menjadi salah satu pakaian yang berkelas, tidak hanya sebatas pakaian murahan atau pasaran, apalagi untuk batik tulis.Batik tulis merupakan sebuah kerajinan batik.Batik dibuat dengan menggunakan kain putih yang digambari motif – motif batik.Butuh waktu beberapa hari bagi pengrajin batik untuk membuat satu lembar kain batik tulis.Itulah sebabnya batik tulis dijual lebih mahal di pasaran daripada batik cetak yang dibuat oleh mesin.
Yogyakarta merupakan salah satu pusat busana batik yang menawarkan batik dengan berbagai macam model dan jenis.Para pecinta batik dapat menjumpai banyak sekali toko-toko batik di seputaran malioboro dan seputaran Jogjakarta.Umumnya, setiap toko batik menawarkan batik dengan berbagai tingkat kualitas dan motif yang berbeda-beda.
Tentu saja setiap orang memiliki selera fashion masing-masing untuk motif pakaian batik yang akan mereka pilih. Saat ini anak-anak, remaja, dan orang dewasa mulai gemar memakai batik.Selain untuk melestarikan kebudayaan bangsa, batik juga merupakan fashion yang unik dan menarik.Batik tidak kalah dengan pakaian – pakaian bergaya modern yang membanjiri tanah air.Batik tetap mampu menunjukkan eksistensinya di tengah-tengah pakaian modern yang ada saat ini.

Wisata Kota Tua


Berawal dari teman-teman “Geng Kertajaya” yang pernah jalan-jalan bersama ke Surabaya yang memanas-manasi ikut kegiatan Komunitas Aku Cinta Batik Indonesia (ACBI) sekalian temu kangen, akhirnya saya pun ikut kegiatan acara “Wisata Kota Tua”. Lupa nama persis kegiatannya, tapi yang pasti semua peserta diwajibkan memakai batik (pastinya dengan sukarela ya, kan pecinta batik) dan akan berkeliling kota tua dengan sepeda onthel sambil mendengarkan kilas sejarah kota tua Batavia – Jayakarta – Jakarta. Travelling gak selalu harus ke pulau atau ke luar kota, kan?
Sampailah Minggu pagi 1 Agustus 2010, saat itu dengan berat membuka mata pagi hari karena sudah berjanji akan hadir. Saya belum menyiapkan kostum sesuai dresscode, yang pasti harus nyaman dong. Biasanya saya cukup cuek tampil dengan tshirt dan celana pendek, kali ini saya agak istimewa memilih satu atasan batik dari jejeran koleksi pakaian batik di lemari. Oh iya, baju ini desain sendiri. Cerita singkatnya, Ibu saya punya kain batik lengkap dengan selendang. Kainnya dibuat terusan untuk Mama, dan selendang yang tak seberapa lebar itu dengan pola sederhana jadilah pakaian seperti yang saya kenakan.
Nah, lokasi kota tua yang jadi destinasi wisata lokal yang menurut saya unik ini punya pesona tersendiri, dari pelabuhan Sunda Kelapa dengan kapal-kapal yang menepi, museum-museum, gedung tua seperti Toko Merah, hingga Jembatan Tarik Kota Intan. Akhirnya, meski hanya mandi buru-buru, pilih pakaian dengan kilat ditambah asesoris ikat pinggang dan kalung, dengan sepeda ontel, dan minta tolong teman-teman untuk mengabadikan diri, lahirlah foto-foto keren seorang ‘Lia dengan Batik’. Gak salah para fotografer banyak yang memilih Kota Tua Jakarta untuk lokasi pemotretan. Dan batik sangat cocok disandingkan dengan latar belakang Kota Tua ini, buktinya? Salah satu foto saya ini.
*lebih banyak lagi ada di sini: http://lovablerisingstar.blogspot.com/2012/03/berawal-dari-teman-teman-geng-kertajaya.html
Catatan: Photo dan artikel kiriman dari Lia Sirait di Jalan Tebet Utara I H no.14 Jakarta Selatan 12820
Punya Photo dan artikel yang lainnya? Kirim saja dan bisa dapat hadiah batik dari kami.

Batik Madura


Sebelumnya saya mau minta maaf karena saya tidak biasa untuk menulis artikel dikarenakan saya bukan jurnalis ataupun penulis. Sewaktu saya baca di newsfeed Facebook tentang batik Indonesia saya langsung excited karena saya adalah penggemar batik. Walaupun bukan penggemar sejati akan tetapi 75% baju-baju saya adalah batik. Batik favorit saya adalah motif parang. Ok saya akan langsung saja apa yang akan saya ceritakan disini, saya bekerja di kantor proyek untuk pembangunan Rumah Sakit Pendidikan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan & Kebudayaan. Singkat cerita, proyek kami mendapat bahan untuk seragam batik. Batik asli dari Madura, yang bikin kami kaget warnanya itu. Yaitu merah menyala. Saya tidak suka warna merah karena warna favorit saya adalah biru.
Bahan batik untuk seragam tersebut sudah diberikan hampir 1 tahun yang lalu akan tetapi kami baru memberikan ke tukang jahit akhir bulan Januari 2012. Dan hasilnya sangat memuaskan, saya yang tidak suka warna merah setelah melihat hasil jahitan tersebut menjadi terkagum-kagum. Batik nusantara memang sangat bervariasi. I love batik.
Photo dan artikel kiriman dari Isna Yunita di Komp. DKI Blok M2/6 Pondok Kelapa Jakarta Timur 13450

Selalu Kompak kalau acara kondangan


Salam Batik Indonesia :-)
Saya dan pacar suka kompak loh kalau pergi ke acara resepsi pernikahan teman atau keluarga.
Batik ini kita beli waktu datang ke pameran Pekan Raya Jakarta tahun 2011. Awalnya ngga ada niat untuk cari batik sih…, eh ngga sengaja liat kita tertarik sama motifnya. Kita putusin untuk beli deh…;-)
Beberapa hari kemudian ada undangan dari teman kantor, truz kita pakai deh baju batik barunya…
hehehe….
Photo dan artikel kiriman dari Indri Jayaningrum di Jl. Serdang Baru 1 Rt.014 Rw.004 No.4 Kemayoran, Jakarta Pusat 10650

Seragam kami

Batik sudah menjadi kewajiban kami untuk mengenakannya tiap hari jum’at. Dan saya sangat senang dan bersemangat tiap memakainya.
Klo tdk ada hari batik mungkin saya akan memakainya setiap hari.
Photo dan artikel kiriman dari akhmat baroza di batu aji – batam

Fashion Show Batik By Panca


Menikmati fashion show batik hasil karya Panca Audran. Diacara International Gathering Subud. Baju nya lucu2,, Warna batik, motif dan model nya menarik..
Photo dan artikel kiriman dari RR Zulia Kusumawardani di Jakarta Selatan
http://batikindonesia.com/tag/fashion-batik-indonesia

1 komentar:

  1. LIVE CAM MODELS WANTED!
    MAKE MORE THAN $10,000 PER WEEK.
    SIGN-UP AS A BONGA MODELS CAM MODEL TODAY!

    BalasHapus