Kamis, 07 Februari 2013

fashion

FASHION

  Fashion

Fashion berasal dari bahasa inggris, yang artinya cara, kebiasaan, atau mode.
Polhemus dan Procter menunjukan bahwa "dalam masyarakat kontemporer barat, istilah fashion kerap digunakan sebagai sinonim dari istilah dandanan, gaya dan busana" (Malcolm Barnard, Fashion sebagai komunikasi). Namun pada dasarnya fashion adalah berfungsi sebagai penutup perlindungan, kesopanan dan daya tarik.

Meski semua busana atau dandanan akan menghadirkan gaya tertentu, tapi tak semua gaya akan menjadi fashion. Malcolm Barnard mengatakan bahwa, "ketika suatu gaya berlalu maka bisa dikatakan ketinggalan jaman atau tidak fashion lagi". Namun fashion tak dapat dipaksakan katika seseorang tidak sesuai dengan gaya tertentu. Seperti di OCD dalam film The Clique "and haute couture fashion is pure self expression, and perfection can not be imposed but is expected". Yang artinya "mode adalah adibusana dan murni pengekspresian diri dan kesempurnaan tidak dapat dipaksakan tapi diharapkan". Fashion merupakan salah satu bentuk gaya hidup yang dapat dicoba, dipertahankan, atau ditinggalkan.

Seseorang dapat mengirimkan pesan tentang dirinya melalui fashion atau pakaian yang dikenakannya. Pakaian adalah cara yang digunakan individu untuk membedakan dirinya sebagai individu dan menyatakan keunikannya. Fashion yang memadukan unsur estetika dan unsur kreatif juga bisa menentukan penampilan yang dapat menunjukkan status ekonomi dan mendefinisikan  peran sosial yang dimiliki seseorang.

Bicara tentang fashion, sebenarnya fashion tak hanya seputar busana atau pakaian saja. Dalam perkembangannya, fashion juga merambah ke bidang lain selain selain pakaian. Yaitu diantaranya aksesoris, gaya hidup, tatanan rias wajah dan rambut. Bahkan banyak film yang membahas atau menginspirasi tentang dunia fashion yang akan kita bahas dalam film-film yang menginspirasi dunia fashion

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar